Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa setelah penerapan pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan laboratorium virtual dan riil. Laboratorium merupakan sarana yang dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran yang berimbas pada hasil pembelajaran. Pemanfaatan multimedia interaktif pada laboratorium virtual dapat dipergunakan untuk mengganti sarana laboratorium riil. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain non randomised static group pretest-posttest design. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII di salah satu SMP di Cianjur sebanyak 64 siswa. Data diperoleh dari hasil tes, angket yang diisi siswa secara langsung dan wawancara. Hasil tes diolah menggunakan N-Gain didapatkan temuan bahwa penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa meningkat di kedua kelas eksperimen. Hasil analisis angket dan wawancara menunjukkan siswa menyukai penggunakan alat praktek dan mengamati proses tetapi mengalami kesulitan dalam merakit alat sedangkan waktu tidak mencukupi, menyenangi pembelajaran dengan menggunakan laboratorium virtual. Dari analisis data tersebut didapat bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dengan laboratorium virtual dapat membangun penguasaan konsep dan keterampilan sains siswa secara signifikan. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Lab Virtual, Lab Riil, Penguasaan Konsep.